Tips Mewaspadai Pengembang Nakal

Tips Mewaspadai Pengembang Nakal

Kasus konsumen yang tertipu pengembang properti masih terus terjadi, meskipun sudah banyak informasi yang disampaikan berbagai pihak untuk meminimalisir hal tersebut. Kasus yang kerap terjadi adalah perbedaan spesifikasi bangunan yang dijanjikan dengan realisasinya. Namun ketika complain, pengembang tidak memberikan tanggapan.

Umumnya pengembang nakal akan melakukan apapun untuk membuat konsumen tertarik dan membangun properti dengan dana seminimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips agar terhindar dari pengembang nakal :

  1. Pilih Pengembang Profesional dan Sudah Go Public

Pengembang ini sudah memiliki izin usaha membangun dan pengalaman yang cukup lama. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengecek bagaimana kondisi properti yang pernah dibangun pengembang tersebut.

  1. Teliti Janji Pengembang Soal Lokasi

Biasanya pengembang memberikan banyak janji untuk meyakinkan calon konsumen, mulai dari lokasi yang strategis, aplikasi cepat, harga kompetitif dan lain-lain. Teliti semua janji dengan mendatangi langsung area dan lokasinya. Akan lebih baik jika mengecek langsung di kantor pertanahan.

  1. Koordinasi dan Manajemen Pengembang

Pastikan pengembang itu memiliki manajemen dan koordinasi yang baik untuk menghindari penipuan. Banyak kasus dimana si agen menunjukkan lokasi bagus untuk calon konsumen, namun setelah calon pembeli deal, agen tadi malah memberikan lokasi lain dengan alasan lokasi sebelumnya sudah dibeli lewat agen pengembang lain.

  1. Jangan Tergiur Hadiah

Pengembang biasanya memiliki banyak cara dan strategi untuk merayu calon konsumen, termasuk memberikan hadiah berupa AC, sepeda motor atau handphone. Jangan mudah dirayu. Pastikan terlebih dahulu kalau pengembang itu bisa membuat properti sesuai dengan spesifikasinya.

  1. Minta Contoh Rumah

Mintalah contoh rumah yang akan dibangun. Lebih bagus lagi kalau properti sudah terbangun dan tidak perlu menunggu atau indent. Jika terpaksa indent, pastikan waktu menunggu tidak terlalu panjang.

  1. Go Green

Pilih pengembang yang peduli pada lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari pembangunan area hijau yang cukup luas di lingkungan properti.

  1. Fasilitas Umum

Pengembang yang baik akan memberikan fasilitas umum di dalam areal properti seperti taman bermain, areal parkir, rumah ibadah, jogging track dan lain-lain.

Anda mencari properti dengan pengembang yang amanah? DeKost Indonesia adalah jawabannya! Kami menawarkan apartemen berkonsep kost sewa dengan fasilitas lengkap, aman, nyaman dan lingkungan Islami dengan pengembang yang kompeten, professional serta terpercaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *