Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kost

Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kost

Mengatur keuangan menjadi tantangan tersendiri bagi anak kost, terutama yang masih mengandalkan uang kiriman dari orang tua dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Jika kurang bijak dalam mengaturnya, maka jangan kaget jika baru sampai tengah bulan keuangan sudah menipis. Sebagian besar mahasiswa kerap kehilangan kontrol saat membelanjakan uangnya, tanpa perhitungan yang terencana dan rinci. Jika hal ini terus berlanjut, maka permasalahan keuangan akan terus menimpa setiap bulannya.

Untuk itu diperlukan pengaturan keuangan dengan baik dan tepat, agar uang bulanan bisa mencukupi semua kebutuhan selama sebulan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya :

  1. Catat kebutuhan Bulanan dan Susun Anggaran dengan Rinci

Setiap rupiah uang bulanan harus diatur dan dicatat peruntukannya. Catatlah kebutuhan yang sangat penting saja dan bukan hal yang kurang dibutuhkan. Hitung semua jumlah kebutuhan tersebut dan sesuaikan dengan jumlah uang yang diperoleh setiap bulannya. Sehingga semua  kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Lakukan Belanja Bulanan Sekaligus

Belanja rutin bulanan sekaligus akan menghemat uang bulanan karena tidak akan berulang kali pergi ke supermarket dan berulang kali pula tergoda untuk belanja barang-barang lainnya yang mungkin sebenarnya tidak dibutuhkan.

  1. Pertimbangkan Belanja Online

Untuk belanja barang yang tidak terlalu mendesak, upayakan untuk mendapatkan harga terbaik, misalnya diskon, penawaran khusus, dan lainnya. Jika memang lebih menguntungkan, belanja secara online juga bisa dipertimbangkan. Saat ini, ada banyak situs belanja online yang menawarkan berbagai barang dengan harga yang bersaing, bahkan lebih murah dari seharusnya.

  1. Menabung Secara Teratur

Alokasikan sejumlah uang bulanan untuk ditabung meskipun sedikit. Sehingga kamu memiliki simpanan yang bisa digunakan di saat darurat. Pisahkan uang tabungan dalam rekening tersendiri atau celengan, dan jangan dicampur dengan uang lain.

  1. Jangan Menunda Melakukan Pembayaran

Bayar semua tagihan seperti uang kos atau uang kuliah secara tepat waktu untuk menghindarkan kamu dari sejumlah masalah yang mungkin terjadi di luar perhitungan, misalnya kehilangan uang, atau bahkan lupa membayarkannya hingga terlambat dan menimbulkan masalah lainnya.

  1. Masak Sendiri dan Bawa Bekal Makanan

Usahakan untuk memasak makanan sendiri sesuai dengan selera, tidak perlu mahal, asalkan menyehatkan. Bawa bekal makan jika tidak sempat pulang saat waktunya makan.

  1. Bawa Air Minum Sendiri

Biasakan diri untuk selalu membawa air minum sendiri, agar kamu tidak perlu selalu membelinya di luar.

  1. Cuci Pakaian Sendiri

Jangan mudah tergiur dengan jasa laundry yang menawarkan harga murah karena jika dihitung tetap akan mahal. Cucilah pakaian setiap akhir pekan maupun saat libur lainnya.

  1. Pangkas Biaya Internet dan Manfaatkan Wi-Fi Gratis

Jangan membuang uang bulanan hanya untuk membeli paket internet yang besar setiap bulannya. Manfaatkan fasilitas jaringan internet gratis (Wi-Fi) di fasilitas umum yang biasanya tersedia di kampus, restoran, tempat kost, atau tempat lainnya.

  1. Bawalah Uang Pas Saat Bepergian

Bawalah uang pas saat bepergian agar tetap terkontrol saat berhadapan dengan berbagai barang yang menggoda. Hindari juga untuk membawa kartu ATM untuk menghindari menarik uang dan membelanjakannya.

Sudah siap untuk menjadi anak kost? Ayo segera datang ke DeKOST Indonesia. Kami menyediakan apartemen berkonsep kost sewa di area strategis Kampus IPB dengan fasilitas lengkap, aman, nyaman dan lingkungan Islami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *