Tips Makan Hemat Ala Anak Kost

Tips Makan Hemat Ala Anak Kost

Tinggal jauh dari keluarga dan menjadi anak kost bukanlah menjadi hal yang mudah bagi sebagian orang. Bukan hanya soal kemandirian, tetapi juga soal bagaimana mengatur keuangan cukup setiap bulannya. Banyak kebutuhan yang harus dikeluarkan, salah satu yang paling mendasar adalah makan dan minum. Jika tidak pandai menyiasatinya, maka jangan kaget jika belum sampai akhir bulan, uang sudah habis.

Bagaimana tips makan yang sehat namun tetap hemat?

Perbanyak minum air putih

Minumlah air putih setelah makan, dibandingkan minuman jenis lain. Karena harganya jauh lebih murah dan sehat. Akan lebih baik lagi kalau kamu selalu membawa bekal air putih, sehingga sewaktu-waktu kamu haus, kamu tidak perlu membelinya. Meskipun terlihat murah namun jika dihitung setiap bulannya, maka pengeluaranmu akan tetap banyak.

Masaklah nasi putih

Daripada membeli nasi putih di tempat makan, tidak ada salahnya kamu membeli beras dan memasaknya. Jadi kamu cukup membeli lauk kemudian membawanya pulang. Cara ini efektif menghemat biaya makanmu. Dan kamu bisa mengambil nasi sepuasmu.

Kurangi kumpul-kumpul di tempat makan

Terkadang kita perlu untuk bersosialisasi dengan teman-teman di café atau tempat makan lainnya. Tetapi kalau terlalu sering bisa jadi pengeluaranmu membengkak. Usahakan untuk makan terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong. Jadi ketika nongkrong, kamu cukup membeli minuman saja karena perut sudah kenyang. Karena harga makanan di café jauh lebih mahal daripada warung langgananmu. Tapi tetap saja kamu harus membatasi pergi ke tempat-tempat yang akan menggodamu untuk mengeluarkan uang.

Kurangi konsumsi daging

Tidak ada salahnya mengonsumsi daging sebagai lauk, namun sebaiknya dibatasi karena harganya yang mahal dan juga kurang baik bagi kesehatan. Kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengganti protein hewani menjadi protein nabati melalui sayuran dan tahu tempe. Biasanya menu tahu tempe dan sayuran di warung makan dimasak dengan berbagai jenis masakan sehingga kamu tidak akan merasa bosan.

Belajar memasak

Memasak sendiri merupakan cara yang efektif menghemat uang makan. Belanjalah sesuai kebutuhan dan jangan lapar mata. Meskipun sedikit repot namun dengan memasak sendiri kamu bisa mengatur menu kesukaanmu dan memakannya dengan puas, berbeda jika harus membeli makanan jadi. Sebagai reward setelah masak setiap hari, kamu bisa jajan pada hari Sabtu dan Minggu.

Dengan menghemat uang makan, kamu bisa mengalokasikan sisa uangnya untuk kebutuhan lain atau ditabung.

Kamu mencari tempat kost yang nyaman?

Ayo datang ke DEKOST Indonesia! Kami akan memberikan solusi serta penawaran yang menarik khusus untuk kamu.

081111 7 5566
http://lihat.review/wa/dekostindonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *