Tips Aman Di Tempat Kost

Tips Aman Di Tempat Kost

Tinggal di tempat kost berarti kita harus siap untuk bertanggung jawab atas diri sendiri. Bagaimana kehidupan kita bisa berjalan senormal dan senyaman mungkin meski jauh dari keluarga.

Salah satu yang sering menjadi kekhawatiran saat tinggal sendiri adalah masalah keamanan. Kita harus bisa menjaga diri dan meminimalisir kemungkinan untuk menjadi korban kejahatan.

Dalam buku The Her Campus Guide to College Life terdapat pembahasan mengenai tips menjaga keamanan di tempat kost, dan berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Selalu menjaga barang berharga. Biasanya barang yang paling sering kecurian di sekitar kampus (termasuk kost-an) adalah laptop, handphone, tablet, perhiasan dan pakaian. Misalnya, jangan meninggalkan barang-barang pribadi di ruang bersama kost-an.
  2. Simpan perhiasan di dalam lemari terkunci atau lokasi yang tersembunyi dalam kamar.
  3. Beri passwordpada semua gadget kamu supaya aman dari tangan usil. Aktifkan juga aplikasi pengecek lokasi agar jika ada yang hilang, kamu bisa mengecek lokasi perangkat tersebut.
  4. Jangan menyalakan lilin, aromaterapi, obat nyamuk, rokok, atau benda lain yang mudah terbakar di kamar kos. Apalagi meninggalkannya atau menyalakannya saat tidur.
  5. Berhati-hati saat sedang memasak dan jangan pernah meninggalkan kompor di dapur dalam keadaan menyala.
  6. Jangan segan untuk bertanya secara baik-baik jika melihat ada orang asing atau mencurigakan di sekitar area kost. Bisa juga langsung memberitahukan ke pengawas kost.
  7. Biasakan mengunci pintu kamar kost. Baik saat kamu berada di dalam, ataupun saat keluar kamar meskipun cuma sebentar.
  8. Catat barang yang dipinjam orang lain. Begitu pula sebaliknya, catat barang yang kamu pinjam. Masalah pinjam-pinjaman ini memang agak rumit, karena barangnya gampang terselip atau terlupakan.
  9. Tetap waspada dengan sesama penghuni kost. Meskipun ingin cepat akrab dan punya banyak teman, jangan sampai kurang waspada dengan keadaan sekitar. Boleh berteman dengan siapa saja, tapi tetap buka mata dan telinga.
  10. Simpan kunci kost di tempat yang aman dan bisa dibawa ke mana-mana.

Tips ini hanya sedikit dari beragam masalah yang mungkin akan muncul saat tinggal di kost. Namun jangan khawatir karena masih banyak juga keseruan yang akan Kamu temukan asal bisa tetap waspada dan menjaga diri.

Sudah siap untuk tinggal di kost?

Ayo segera daftar ke DeKOST Indonesia. Apartemen berkonsep kost sewa di area strategis Kampus IPB dengan fasilitas lengkap, aman, nyaman dan lingkungan yang Islami.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *