Yasmin Raya 40, Bogor, Jawa Barat 16113
+62 251 8575648
info@dekostindonesia.com

Siapa Saja Yang Wajib Puasa?

Apartemen Kost Syariah Pertama dan Terbesar di Indonesia

Siapa Saja Yang Wajib Puasa?

Siapa Saja Yang Wajib Puasa?

Kabarkanlah padaku mengenai puasa yang Allah wajibkan.” Rasul menjawab, “Yang wajib adalah puasa Ramadhan. Terserah setelah itu engkau mau menambah puasa sunnah lainnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda menyambut puasa di bulan Ramadhan :

Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka akan diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Jadi telah terlihat jelas bahwa puasa Ramadhan adalah wajib dan akan diganjar dengan pahala yang besar bagi kaum muslim yang melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan hanya mengharap ridho Allah SWT.

Namun untuk siapa sebenarnya puasa Ramadhan diwajibkan?

  1. Islam

Sehingga tidak diwajibkan bagi non muslim, namun ini berbeda dengan orang murtad (keluar dari Islam), ia tetap mempunyai kewajiban meng-qodho-nya setelah masuk Islam lagi.

  1. Mukallaf

Adalah orang yang memenuhi 4 kriteria berikut : berakal, baligh, sampainya dakwah kepadanya dan yang terakhir, mempunyai penglihatan atau pendengaran.

  1. Mampu

Artinya mampu secara fisik dan syariat.

  1. Sehat

Maka tidak wajib berpuasa bagi orang yang sakit, yang sekiranya jika ia berpuasa maka sakitnya akan tambah parah atau semakin lama sembuhnya.

  1. Bermukim (iqomah)

Tidak wajib berpuasa bagi orang yang sedang bepergian (musafir) yang jaraknya tidak kurang dari 80 km, yaitu jarak yang diperkenankan untuk meng-qoshor sholat.

Namun terkadang berpuasa bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian orang. Banyak jenis godaan yang terkadang sulit dihindari. Misalnya, ujian pandangan mata yang dapat menggoda syahwat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa menghindar dari lalu-lalangnya lawan jenis dengan berbagai style dan gaya busana yang menarik hati, atau bisa juga iklan-iklan di media sosial. Berusahalah sekuat mungkin untuk menahan pandangan agar terhindar dari penyebab berkurangnya pahala puasa.

Minimalisir kemungkinan kamu melihat lalu lalang lawan jenis di sekitar hunianmu dengan bergabung bersama DeKOST Indonesia. Kami menyediakan apartemen syariah berkonsep kost sewa di kawasan strategis Kampus IPB, dengan fasilitas lengkap, nyaman dan disertai pemisahan tower antara pria dan wanita.

Ayo buruan daftar sebelum kehabisan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi call center DEKOST Indonesia.

081111 7 5566

http://lihat.review/wa/dekostindonesia

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Assalaamu'alaykum, Bismillaah, saya tertarik info tentang Dekost Indonesia
Powered by