Yasmin Raya 40, Bogor, Jawa Barat 16113
+62 251 8575648
info@dekostindonesia.com

Perkara Yang Membatalkan Puasa

Apartemen Kost Syariah Pertama dan Terbesar di Indonesia

Perkara Yang Membatalkan Puasa

Perkara Yang Membatalkan Puasa

Setiap ibadah yang kita kerjakan harus disertai dengan ilmu agar tidak salah saat mengamalkannya. Begitu juga dengan puasa Ramadhan. 

Salah satu yang harus kita ketahui adalah perkara apa saja yang dapat membatalkan puasa, diantaranya :

  1. Makan dan minum dengan sengaja. Jika dilakukan karena lupa maka tidak batal puasanya.
  2. Melakukan hubungan suami istri disiang hari.
  3. Memasukkan makanan ke dalam perut. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa.
  4. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja,  Adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluamya tanpa sengaja.
  5. Keluamya darah haid dan nifas. Manakala seorang wanita mendapati darah haid, atau nifas batallah puasanya, baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari.
  6. Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.

Hal ini didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW,

Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha. ” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi). 

Tidak batal puasa orang yang melakukan sesuatu yang membatalkan puasa karena tidak tahu, lupa atau dipaksa. Demikian pula jika tenggorokannya kemasukan debu, lalat, atau air tanpa disengaja. Jika wanita nifas telah suci sebelum sempurna empat puluh hari, maka hendaknya ia mandi, shalat dan berpuasa.

Untuk memahami segala hal tentang puasa dan pengetahuan keislaman lainnya, umat muslim dituntut untuk selalu belajar. Karena setiap perbuatan yang kita kerjakan harus memiliki dasar ilmunya, tidak terkecuali saat kita beribadah.

Dan kamu bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan di masjid. Karena selain sebagai pusat ibadah, masjid juga merupakan pusat dakwah yang antara lain diwujudkan dengan adanya kajian rutin keagamaan maupun umum dengan berbagai tema, kegiatan sosial dan perpustakaan keislaman.

Kamu bisa mendapatkan kemudahan beribadah dan belajar di masjid dengan bergabung di DEKOST Indonesia! Kami menyediakan apartemen syariah berkonsep kost sewa yang dilengkapi dengan masjid dan fasilitas unggulan lainnya di kawasan strategis Kampus IPB.

Ayo segera daftar sebelum kehabisan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi call center DEKOST Indonesia.  

081111 7 5566

http://lihat.review/wa/dekostindonesia

 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Assalaamu'alaykum, Bismillaah, saya tertarik info tentang Dekost Indonesia
Powered by