Istilah investor pada segmen apartemen

Berinvestasi apartemen terbilang paling menggiurkan dan menguntungkan. Menurut Archica Danisworo, selaku arsitek utama The Stature, menjelaskan bagi Anda yang memiliki atau berencana membeli apartemen ada baiknya kenali jenis investasi yang tepat untuk jangka panjang. Terdapat dua jenis istilah yang wajib dikenal para investor apartmen. SGA (Semi Gross Area) merupakan investasi apartemen dengan perhitungan area unit bruto di tambah dengan luas area bersama yang di bagi secara proporsional terhadap seluruh unit yang ada di lantai dimaksud. Sedangkan NFA (Nett Floor Area) adalah area unit internal termasuk area balkon di dalam unit serta lift lobi pribadi yang ada di dalam unit. Namun, penentuan area SGA dan NFA bergantung pada kebijakan pengembang. Biasanya para pemilik apartemen hanya dapat menikmati area properti miliknya berkisar 80% – 85% dari area semi-gross. Sedangkan pengembang akan memotong 15% – 20%nya. Sehingga Anda tidak perlu panik atau protes jika luas area yang didapatkan ternyata berbeda dengan keterangan yang terdapat di dalam brosur.

Contoh sederhana menghitung SGA dan NFA

Sebelum Anda menjual atau membeli apartemen sebaiknya perhitungkan semuanya secara detai. Berikut rumus menghitung efisiensi NFA: Contoh perhitungan Signature 2-Bedroom: Ukuran SGA= 146,8 sqm, ukuran NFA= 130,1 sqm. Maka efisiensi unit adalah = (SGA-NFA)/NFA = (146,8-130,1)/130,1 = 12,82% Sehingga, efisiensi unit SGA-NFA adalah sebesar 12,82%.

“Konsumen sekarang lebih cerdas dan kritis, mereka selalu ingin memastikan uang investasi bernilai guna. Oleh karena itu, arsitek dituntut untuk terus menciptakan desain dengan efisiensi yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. Saat mencari properti untuk diinvestasikan, konsumen harus fokus terhadap nilai NFA karena itulah luas sesungguhnya dari sebuah unit apartemen yang dapat dinikmati langsung oleh konsumen. Pemahaman terhadap efisiensi apartemen ini penting supaya Anda dapat memaksimalkan nilai investasi,” tegas Archica Danisworo.

Artikel ini telah tayang di Glitzmedia.co dengan judul “Perbedaan Antara SGA dan NFA dalam Investasi Apartemen”, https://glitzmedia.co/post/leisure/career-money/perbedaan-antara-sga-dan-nfa-dalam-investasi-apartemen?page=2.
Penulis : Elizabeth Puspa