Peran Keluarga Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Peran Keluarga Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Paham sekularisme (pemisahan agama dari kehidupan) menjadi salah satu penyebab utama maraknya narkoba dalam masyarakat saat ini. Ketika kehidupan dunia sudah tidak diatur sesuai dengan ketentuan Allah lagi, maka hal ini mengakibatkan banyak yang lalai akan tujuan hidup baik di dunia maupun akhirat. Paham ini juga mengakibatkan suburnya gaya hidup hedonism dan permisif.

Prinsipnya bukan halal-haram atau pahala-dosa, tetapi semua yang dimiliki bebas dimanfaatkan untuk kesenangan pribadi asal tidak mengganggu orang lain. Akhirnya, miras, narkoba, perzinaan, seks bebas, pelacuran, dll, menjadi bagian dari kehidupan sebagian masyarakat.

Keluarga menjadi benteng paling kokoh untuk mencegah penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan remaja. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Mengajarkan aqidah yang benar.

Hal ini bisa memberikan alasan yang tepat bagi seseorang untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu. Ketika alasannya aqidah maka tidak akan tergoyahkan oleh kemanfaatan ataupun kemudhorotan yang sifatnya materi yang akan menimpanya.

  • Memperbaiki keluarga.

Suasana keluarga yang nyaman bagi anggotanya, akan membuat anak tidak mencari kenyamanan lain di luar rumah yang berpengaruh negatif. Anas bin Malik r.a menuturkan:

 “Aku tidak pernah melihat orang yang lebih sayang kepada anak-anak selain Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam” (HR. Muslim)

  • Menanamkan kebiasaan untuk memanfaatkan waktu, jangan biarkan keluarga terlena dengan kekosongan dan kesia-siaan.

 “Bersemangatlah pada apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah (untuk melakukannya), dan janganlah malas” (HR. Muslim)

  • Memilihkan lingkungan.

Lingkungan pertemanan bisa menjadi faktor pemicu ketertarikan terhadap narkoba. Ingin meniru teman, dianggap keren, mencoba apa yang dicoba temannya, ingin menunjukkan jati diri dihadapan teman, dll.

Oleh sebab itu bahaya sekali jika teman-teman dari anak kita adalah orang-orang yang rusak dan jauh dari agama. Rasulullah saw bersabda:

“Permisalan teman bergaul yang baik dan teman bergaul yang buruk bagaikan penjual minyak wangi dan pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau tertarik membeli minyak wangi darinya. Minimal, engkau akan tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi akan membuat bajumu terbakar, atau minimal engkau akan mendapatkan bau yang tidak enak” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Menjaga ketaatan kepada Allah agar penjagaan Allah diberikan kepada kita dan keluarga.

Rasulullah bersabda,

“ … jagalah Allah, maka pasti Allah menjagamu, jagalah Allah pasti kau akan menjumpai-Nya dihadapanmu. Apabila engkau meminta maka mintalah kepada Allah dan jika engkau meminta pertolongan maka mintalah pertolongan kepada Allah….”. (HR. At Tirmidzi)

Kamu bisa memulai bertanggung jawab pada diri sendiri dengan selektif dalam memilih lingkungan pertemanan agar tidak terjebak dalam pengaruh narkoba. Salah satunya adalah dengan memilih hunian sewa yang tepat saat di perantauan. Segeralah bergabung dengan DeKOST Indonesia.

Kami menyediakan apartemen berkonsep kost sewa dengan fasilitas lengkap dan lingkungan Islami, di kawasan strategis Kampus IPB. Nikamti juga berbagai program unggulan untuk menambah keimananmu, diantaranya Program Sholat Subuh Berjamaah, Program Tahfidzul Qur’an dan Kajian Fiqih Muamalah.

Silahkan kunjungi DeKOST Indonesia untuk informasi lebih lanjut. Kesempatan terbatas, jangan sampai terlewatkan.

081111 7 5566

www.dekostindonesia.com

http://lihat.review/wa/dekostindonesia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *