Mencegah Pergaulan Bebas

Mencegah Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas akan mengakibatkan berbagai kerusakan, baik pribadi maupun masyarakat. Hal ini akan mengakibatkan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar, egoisitas diri, sistem pendidikan yang melemah, dan juga ekonomi yang rusak karena beredarnya barang-barang untuk melegalkan seks bebas atau barang-barang haram lainnya.

Padahal Al Qur’an sudah menetapkan aturan-aturan baku mengenai bagaimana tata cara pergaulan yang sesuai dengan syariah Islam. Dan apabila semua masyarakat menerapkan peraturan tersebut, niscaya kehidupan masyarakat akan semakin membaik.

Bagaimana cara Islam mencegah terjadinya pergaulan bebas?

  • Menjaga Aurat

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al Ahzab : 59)

Di dalam ayat di atas ditunjukkan bahwa setiap wanita memiliki kewajiban untuk menutupi auratnya dan dilarang untuk memperlihatkannya kepada yang bukan muhrim.

Hal ini juga serupa sebagaimana yang disampaikan oleh Allah SWT pada Nabi Adam,

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS Al-A’raf :26)

Setiap manusia, baik laki-laki dan perempuan memiliki kewajiban untuk menutupi aurat dan dilarang untuk memperlihatkannya kepada orang lain selain muhrimnya. Bahkan terhadap muhrim pun ada batasan yang juga harus dijaga, mengingat bahwa manusia adalah makhluk yang bisa mengundang kesalahan dan khilaf.

  • Menjaga Pandangan

“Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS An-Nur : 31)

Di dalam ayat di atas, manusia diperintahkan untuk menjaga pandangannya, karena dari matalah kemaksiatan dan segala hawa nafsu bisa bermula. Mencegah pergaulan bebas bisa bermula dari menjaga pandangan kita sendiri untuk tidak melihat hal-hal yang di luar dari yang dihalalkan.

  • Batasan Pergaulan Antara Mahrom dan Non Mahrom

Hendaknya kita menjaga pergaulan antara mahrom dan non mahrom (lawan jenis). Jangan terlalu mengumbar perasaan kepada lawan jenis, apalagi sampai menimbulkan fitnah. Selain itu dalam pergaulan hendaknya ada batasan hijab, bukan berarti hanya hijab secara fisik namun juga hijab secara jarak dan pembicaraan. Hindari pembicaraan yang berbau seksual atau sensual, agar kejernihan pikiran tetap terjaga.

  • Menjaga Nilai-Nilai Islam dalam Pergaulan

Hindari pergaulan yang mengesampingkan nilai-nilai Islam didalamnya. Selalu ingatkan diri sendiri dan lingkungan sekitar untuk selalu menjaga pergaulan agar sesuai dengan peraturan dalam Islam.

Libatkan diri Anda dalam menjaga pergaulan generasi muda dengan menyediakan hunian sewa yang memiliki lingkungan kondusif dan terjaga.

Segeralah bergabung dengan DeKOST Indonesia. Kami menyediakan apartemen berkonsep kost sewa dengan fasilitas lengkap dan lingkungan Islami di kawasan strategis Kampus IPB. Penghuni juga dapat menikmati berbagai program unggulan untuk meningkatkan nilai keimanan, diantaranya Program Sholat Subuh Berjamaah, Kajian Fiqih Muamalah dan Program Tarhfidz Qur’an.

Silahkan kunjungi DeKOST Indonesia untuk informasi lebih lanjut. Kesempatan terbatas, jangan sampai terlewatkan.

081111 7 5566

www.dekostindonesia.com

http://lihat.review/wa/dekostindonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *