Yasmin Raya 40, Bogor, Jawa Barat 16113
+62 251 8575648
info@dekostindonesia.com

Kewajiban Puasa Ramadhan Bagi Kaum Muslimin

Apartemen Kost Syariah Pertama dan Terbesar di Indonesia

Kewajiban Puasa Ramadhan Bagi Kaum Muslimin

Kewajiban Puasa Ramadhan Bagi Kaum Muslimin

Puasa Ramadhan menjadi ibadah yang diwajibkan oleh Allah atas setiap umat Islam, dan merupakan salah satu rukun Islam. Kewajiban ini kita laksanakan selama sebulan penuh, sekali dalam setahun.

Namun, tahukah kamu kapan pertama kali kewajiban berpuasa Ramadhan diperintahkan oleh Allah?
Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Saw dan para sahabat sebelum mendapat perintah dari Allah untuk mengerjakan puasa dalam bulan Ramadhan, mereka telah mengerjakan puasa pada tiap-tiap bulan sebanyak tiga hari, yaitu pada setiap tanggal 13, 14, dan 15. Juga pada setiap hari tanggal 10 bulan Asyura (Muharram).
Kemudian, setelah Nabi hijrah ke Madinah, berselang lebih kurang 18 bulan, yaitu ketika bulan Sya’ban tahun kedua dari hijrah, Allah menurunkan wahyu kepada Nabi mengenai kewajiban puasa Ramadhan, sebagaimana dalam surah Al-Baqarah ayat 183-185 yang artinya :
183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain, dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Dari ayat diatas dapat disimpulkan mengenai beberapa hal berkenaan dengan puasa Ramadhan, yakni kewajiban puasa bagi orang beriman, hal-hal yang meringankan seseorang untuk tidak berpuasa dan diturunkannya Al Quran untuk pertama kali sebagai wahyu dari Allah kepada Rasulullah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah Ta’ala. Wallahu a’lam bisawab.

Anda mencari developer properti syariah?
Silahkan kunjungi Amanah Realty. Kami akan menjadi partner Anda dalam transaksi properti yang menguntungkan dan sesuai syariah.

Office : Jl. Yasmin Raya No. 40, Bogor
Phone : 081111 7 5566
Email : cust.relation@amanahrealty.com

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Assalaamu'alaykum, Bismillaah, saya tertarik info tentang Dekost Indonesia
Powered by