Yasmin Raya 40, Bogor, Jawa Barat 16113
+62 251 8575648
info@dekostindonesia.com

Keuntungan Membeli Apartemen Langsung Ke Pengembang

Apartemen Kost Syariah Pertama dan Terbesar di Indonesia

Keuntungan Membeli Apartemen Langsung Ke Pengembang

Keuntungan Membeli Apartemen Langsung Ke Pengembang

Membeli apartemen secara kredit tanpa bank dan riba? Apa bisa?

Tentu bisa. Anda bisa melakukan pembayaran kredit langsung kepada pengembang yang memang menyediakan jenis pembayaran tersebut (kredit in-house). Umumnya yang menerapkan hal ini adalah pengembang/developer syariah. Mereka menawarkan 3 cara pembayaran apartemen, yakni cash keras, cash bertahap (instalment), atau dengan dicicil/kredit, tanpa melibatkan bank.

Jadi urusan perjanjian jual beli hanya melibatkan dua pihak, antara Anda sebagai pembeli dan pihak developer. Bank sama sekali tidak terlibat.

Lalu apa saja keuntungan kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang?

Beikut ini penjelasannya, dikutip dari situs Rumah.com:

  • Tidak pakai DP

Sebagai ganti uang muka atau DP, pengembang biasanya akan meminta booking fee dibayarkan sebagai tanda jadi keseriusan Anda membeli unit yang ditawarkan.

  • Tidak ada bunga

Beda halnya dengan produk KPR atau KPA di mana bank memungut bunga dari kredit yang dicairkan, kredit in-house atau cicilan ke pengembang bukan produk bank, artinya tidak ada pengenaan bunga. Developer bukan bank, jadi dilarang memungut bunga.

Sebagai contoh, jika harga rumah adalah Rp600 juta dan tanpa uang muka dengan cicilan selama 20 kali, artinya Anda harus mengangsur setiap bulan sebanyak Rp30 juta tanpa dikenakan bunga.

  • Proses lebih ringkas

Dengan mencicil kepada pengembang berarti hanya melibatkan antara pembeli dan pengembang saja. Sehingga prosedur yang mesti dilewati lebih ringkas. Beda dengan bank yang prosedurnya panjang dan menguras waktu.

  • Lebih hemat biaya

Jika Anda mengajukan cicilan KPR di bank Anda akan dikenakan biaya provisi, biaya survei, biaya appraisal, dan lain sebagainya. Beda dengan cicilan langsung ke pengembang yang sama sekali tak ada biaya macam-macam.

  • Jangka waktu cicilan bisa dinegosiasikan

Terkadang Anda masih bisa menegosiasikan masa cicilan lebih panjang lagi sekalipun pihak pengembang telah menetapkan lama masa cicilan. Tapi ini tergantung kelihaian Anda bernegosiasi.

Skema kredit rumah tanpa bank alias cicil apartemen langsung ke pengembang seperti Anda ‘mengontrak’ apartemen kepada pengembang dalam waktu yang pendek. Begitu masa angsuran selesai maka apartemennya secara otomatis langsung jadi hak milik Anda, dan sertifikatnya juga akan langsung diberikan oleh pengembang.

Dengan skema tersebut, proses serah terima biasanya dilakukan saat pembayaran nilainya sudah di atas 80 persen dari harga apartemen. Tapi hal itu juga tidak mutlak, tergantung dengan isi perjanjian antara pihak pembeli dan pengembang.

Anda mencari developer properti yang bertanggung jawab? Silahkan kunjungi Amanah Realty. Kami akan menjadi partner Anda dalam transaksi properti yang menguntungkan dan sesuai syariah.

Office  : Jl. Yasmin Raya No. 40, Bogor

Phone : 081111 7 5566

Email   : cust.relation@amanahrealty.com

  

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Assalaamu'alaykum, Bismillaah, saya tertarik info tentang Dekost Indonesia
Powered by