Yasmin Raya 40, Bogor, Jawa Barat 16113
+62 811 1125151
info@dekostindonesia.com

Kelemahan Investasi Apartemen Dan Cara Mengantisipasinya

Apartemen Kost Syariah Pertama dan Terbesar di Indonesia

Kelemahan Investasi Apartemen Dan Cara Mengantisipasinya

Kelemahan Investasi Apartemen Dan Cara Mengantisipasinya

Properti selalu menjadi pilihan investasi yang menarik bagi sebagian masyarakat, mengingat harga tanah yang cenderung terus naik setiap tahunnya. Salah satu bentuk properti yang menjadi pilihan adalah apartemen.

Meskipun menguntungkan, ada beberapa kelemahan dari investasi apartemen yang harus dicermati. Hal ini sebagai bahan pertimbangan agar dapat diambil langkah antisipasinya.

  • Biaya Perawatan Rutin

Jika apartemen tidak untuk ditempati atau belum mendapat penyewa, Anda tetap harus membayar biaya rutin perawatan (maintenance) dan service charge setiap bulannya. Biaya ini untuk kebersihan, perbaikan dan keamanan. Besarnya biaya setiap apartemen berbeda, dan bergantung juga pada luas unit yang dimiliki.

  • Nilai yang Menyusut

Nilai bangunan apartemen cenderung menyusut dari waktu ke waktu, apalagi jika apartemen letaknya di pinggiran kota. Nilai susut bangunan apartemen bisa mencapai 20 % pertahun. Berbeda dengan investasi rumah, baik untuk sewa ataupun dijual, karena kenaikan harga rumah pertahunnya berkisar 15 – 20%.

Salah satu cara mengantisipasi kelemahan dari investasi apartemen adalah dengan menyewakannya. Umumnya jangka waktu sewa apartemen ialah 2–3 tahun dan biayanya diterima di muka. Apalagi jika lokasi apartemen strategis, maka kekosongan unit relatif kecil. Apartemen bisa memberikan rental income antara 7%-10% per tahun, bergantung dari lokasi, kualitas bangunan dan fasilitas yang diberikan.

Anda tertarik untuk berinvestasi di bidang apartemen? Ayo segera bergabung dengan DeKOST Indonesia. Kami menyediakan apartemen berkonsep kost sewa dengan fasilitas lengkap, aman, nyaman dan lingkungan Islami di area Kampus IPB. Anda cukup beli apartemennya, Kami yang akan mencari penyewa dan mengelolanya. Menarik kan?

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Assalaamu'alaykum, Bismillaah, saya tertarik info tentang Dekost Indonesia
Powered by