Yasmin Raya 40, Bogor, Jawa Barat 16113
+62 251 8575648
info@dekostindonesia.com

Etika Pergaulan

Apartemen Kost Syariah Pertama dan Terbesar di Indonesia

Etika Pergaulan

Etika Pergaulan

Allah SWT berfirman dalam surah Ali Imran ayat 14:

Dihiasi kepada manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik [surga]”.

Generasi muda saat ini dimudahkan dalam segala hal dengan adanya perkembangan teknologi, terutama internet. Hal ini juga berpengaruh pada pergaulan mereka, baik pergaulan dengan sejenis maupun lawan jenis. Sarana komunikasi yang serba canggih, memungkinkan kamu memperluas pergaulan serta meraih informasi dengan mudah. Namun, kamu harus tetap waspada. Bergaullah dengan bijak dan tidak melanggar batas-batas yang sudah ditentukan, baik dalam Al Qur’an maupun hadist.

Apalagi dengan usia yang semakin dewasa, kamu akan mulai tertarik dengan lawan jenis. Disinilah peran agama sangat besar agar kamu tidak terjerumus dalam lingkungan pergaulan yang salah, misalnya free sex, LGBT, pacaran, interaksi lawan jenis secara berlebihan tanpa ada kepentingan (ikhtilat), dll.

Dan bulan Ramadhan ini bisa dijadika momentum untuk memperbaiki cara kamu bergaul, baik dengan keluarga, teman, dan yang lainnnya. Pergaulan yang baik juga akan sangat membantumu bertahan saat harus tinggal di perantauan, di saat kamu harus bisa bertanggungjawab atas semua yang kamu kerjakan.

Kamu bisa memulainya dengan beberapa cara berikut ini :

  • Jaga sikap

Jagalah sikap dalam pergaulan agar tidak terjadi pergesekan yang tidak diinginkan. Sikap saling menghormati dan saling menghargai harus selalu dimiliki. Pergaulan yang harmonis membutuhkan perilaku yang tidak melanggar kesopanan dan tidak menyinggung satu sama lain.

  • Jaga bicara

Kamu bebas berbicara apa saja, tapi jangan sampai menyinggung perasaan orang lain. Jangan mengucapkan kata yang menghina dan kasar ataupun yang menyulut perpecahan.

  • Jaga diri

Kamu harus pandai menjaga diri dalam pergaulan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya menjaga diri dari pengaruh pengaruh negatif yang datang dari lingkungan sekitarnya.

  • Jaga penampilan

Terkadang penting buat kamu untuk selalu tampil menarik dan kekinian agar banyak disukai orang. Namun yang perlu diingat, kamu boleh bergaya masa kini tapi jangan berlebihan dan jangan keluar dari peraturan yang sudah digariskan Allah SWT. Sehingga tingkah laku dan gayamu tidak melewati batas yang hanya mengakibatkan penyesalan di kemudian hari.

  • Jaga batasan

Jaga batasan merupakan kunci keselamatan pergaulan. Di usiamu yang masih muda, terkadang terbersit keinginan untuk mencoba hal apa pun termasuk hal negatif. Namun waspadalah, begitu sekali kamu terjerumus, terkadang akan sangat susah untuk keluar atau meninggalkannya. Boleh bergaul dengan siapa saja, tapi kamu perlu menyeleksi dengan ketat, hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dicoba.

Salah satu cara kamu bisa mulai memperbaiki pergaulan adalah dengan memilih lingkungan hunian sewa yang tepat saat di perantuan.

Segeralah pindah ke DeKOST Indonesia. Kami menyediakan apartemen berkonsep kost sewa dengan fasilitas lengkap dan lingkungan Islami di kawasan strategis Kampus IPB. Pemisahan tower pria dan wanita akan membuatmu lebih nyaman dan meminimalisir terjadinya ikhtilat.

Ayo segera daftarkan dirimu ke DeKOST Indonesia. Kesempatan terbatas, jangan sampai terlewatkan.

081111 7 5566

http://lihat.review/wa/dekostindonesia

 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Assalaamu'alaykum, Bismillaah, saya tertarik info tentang Dekost Indonesia
Powered by