Etika Menaikkan Tarif Kost Yang Bijak

Etika Menaikkan Tarif Kost Yang Bijak

Bisnis kost merupakan cara mudah untuk mendapatkan pemasukan setiap bulannya. meskipun modal awalnya besar, tapi keuntungannya memang menggiurkan. Besarnya pemasukan tergantung dari berapa tarif yang Anda tetapkan, yang disesuaikan dengan fasilitas dan faktor-faktor pendukung lainnya.

Seiring berjalannya waktu, mungkin Anda akan terpikir untuk menaikkan tarif sewa. Namun hal ini bukan masalah yang sederhana. Ada etika yang harus dipahami, agar hubungan antar pemilik dan penghuni kost bisa tetap berjalan baik.

Tentu Anda tidak menginginkan penghuni pindah dari tempat kost Anda setelah harga sewanya dinaikkan. Jadi sebelum menaikkan terif kost, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Frekuensi kenaikan tarif

Anda tidak bisa menaikkan tarif sewa kost sewaktu-waktu meskipun memiliki kewenangan sebagai pemilik. Anda bisa menaikkan harga ketika masa sewa berakhir, sehingga penghuni bisa mempertimbangkan untuk berhenti atau meneruskan kontrak sewa.

  • Waktu yang tepat untuk menaikkan tarif

Anda sebaiknaya memberitahukan kenaikan tarif setidaknya 30 hari sebelum waktu sewa berakhir. Meski begitu rentang waktu ini terbilang relatif. Jika kenaikan tarif cukup tinggi (lebih dari 10 persen), akan lebih baik lagi jika Anda mengumumkannya lebih awal hingga 60 hari sebelumnya.

  • Besaran kenaikan harga

Kenaikan harga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk faktor internal, kenaikan harga terjadi karena tempat kost sudah direnovasi menjadi lebih bagus dan lengkap fasilitasnya. Sementara faktor eksternal bisa dipengaruhi oleh kenaikan harga tanah atau tarif sewa pada umumnya di sekitar lokasi. Persentase kenaikan bisa berbeda-beda di setiap lokasi. Sebagai pemilik kost, Anda harus bertindak adil dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memberlakukan tarif baru. Namun secara umum, kenaikan bisa mencapai 10% per tahunnya. Jumlah ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kondisi bangunan dan lingkungan di sekitar.

Pastikan untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan penghuni kost. Jangan sampai kenaikan harga mengakibatkan hubungan memburuk. Diskusikan jika ada keluhan atau keberatan dari penghuni lama dan cari solusi terbaik.

Anda siap menjadi pebisnis kost?

Ayo segera datang ke DEKOST Indonesia! Kami akan memberikan solusi serta penawaran yang menarik khusus untuk Anda.  

081111 7 5566
http://lihat.review/wa/dekostindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *