Etika Berbagi Kamar Kost

Etika Berbagi Kamar Kost

Menyewa kamar kost bersama sahabat memang terlihat menyenangkan. Ada teman berbagi dan bercengkerama, serta tentunya dapat menghemat biaya sewa karena dibagi berdua.

Namun walaupun hanya tinggal berdua dengan teman akrab, bukan tak mungkin suatu saat nanti kamu berselisih dan membutuhkan waktu untuk menyendiri. Sebelum muncul konflik, sebaiknya kamu pahami dahulu etika saat berbagi kamar kost berikut ini :

Hargai Privasi

Privasi adalah hak mutlak siapa pun. Saat tinggal bersama orang lain tentu masing-masing harus menurunkan egonya untuk menghormati yang lain. Cobalah untuk mengkomunikasikan keinginan dan batas-batas kalian sebelum benar-benar tinggal bersama.

Hati-hati Dengan Uang

Terkadang ada saat-saat tertentu di mana kita atau teman titip saat akan keluar membeli sesuatu. Kamu harus bertanggung jawab dengan uang yang kamu atau dia pinjam agar tidak menjadi konflik di kemudian hari. Uang adalah satu-satunya hal di dunia ini yang tidak kenal teman.

Mengajak Teman Lain

Ada saat kita mengajak teman lain untuk main ke tempat kost baik hanya sekedar mampir atau nongkrong berlama-lama hingga malam. Cobalah untuk mengenalkan mereka pada teman sekamar agar suasana menjadi lebih cair. Perhatikan kode-kode terselubung dari teman sekamar jika mereka tidak menyukai kehadiran orang tersebut atau setidaknya saat mereka sudah ingin istirahat untuk kembali beraktivitas besok.

Hargai barang-barang teman

Meskipun terdengar sederhana namun ini menjadi salah satu faktor yang mungkin menimbulkan konflik. Cobalah untuk tidak meminjam barang teman sekamar tanpa meminta izin terlebih dulu. Karena memiliki kamar yang sama bukan berarti barangnya menjadi milik kamu juga.

Tanggung Semua Bersama

Berbagi kamar kost tidak hanya sekedar berbagi biaya sewa, namun juga berbagi tanggung jawab pada kondisi kamar dan pemenuhan semua kebutuhan seperti alat pembersih, pewangi ruangan, dll.

Dengan memahami berbagai etika di atas, maka kamu bisa meminimalisir kemungkinan timbulnya konflik di kemudian hari.

Kamu sedang mencari tempat kost?

Ayo segera datang ke DeKOST Indonesia. Kami menyediakan apartemen berkonsep kost sewa di area strategis Kampus IPB dengan fasilitas lengkap, aman, nyaman dan lingkungan Islami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *