Ciri-Ciri Pengembang Tidak Amanah

Ciri-Ciri Pengembang Tidak Amanah

Pengembang menjadi faktor kunci saat hendak membeli properti, baik berupa rumah atau apartemen. Calon pembeli harus benar-benar mengetahui reputasi pengembang tersebut. Karena kita berurusan dengan transaksi uang yang nilainya tidak sedikit. Dan bukan hanya uang yang bisa hilang, namun juga kerugian waktu akibat urusan yang berbelit-belit.

Ciri-ciri pengembang properti yang tidak sebenarnya mudah dikenali. Namun, masih banyak konsumen yang tertipu. Kita bisa menelusuri rekam jejak pengembang melalui internet. Pengembang dengan reputasi buruk biasanya akan muncul berita negatif yang datang dari konsumen yang dikecewakan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri pengembang yang tidak amanah dan harus Anda waspadai:

  1. Konsumen tidak diberikan bukti tanda terima dan surat Perjanjian Pengikatan Jual-Beli (PPJB) setelah menyerahkan booking fee.
  2. Uang muka tidak disetor ke rekening perusahaan tapi ke rekening pribadi milik personil marketing, apalagi jika tidak diberi bukti kwitansi.
  3. Tim marketing yang tidak handal dan kurang memahami dunia properti khususnya produk yang dipasarkan.
  4. Sering mengulur waktu penyelesaian pembangunan properti dan proses-proses lainnya yang tidak berjalan sesuai jadwal yang dijelaskan diawal.
  5. Pengembang properti tidak punya layanan konsumen yang khusus menangani keluhan konsumen.
  6. Spesifikasi bangunan tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Kasus penipuan yang sering terjadi diantaranya pengembang tidak bisa menyelesaikan pembangunan walau cicilan KPR sudah berjalan, atau uang muka (down payment) yang tidak bisa langsung ditarik (diulur-ulur) jika terjadi pembatalan karena KPR yang tidak disetujui dengan berbagai alasan yang dilontarkan pengembang.

Namun jangan khawatir karena ada lebih banyak pengembang yang profesional dan menjalankan proses jual beli properti sesuai dengan tenggat waktu. Konsumen dan marketing harus menjalin komunikasi yang intens, tidak menutup-nutupi kekurangan, hingga terjadi kepercayaan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Anda mencari properti dengan pengembang yang amanah? DeKost Indonesia adalah jawabannya! Kami menawarkan apartemen berkonsep kost sewa dengan fasilitas lengkap, aman, nyaman dan lingkungan Islami dengan pengembang yang kompeten, professional serta terpercaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *